Rabu, 25 April 2012

Jeruk Nipis Kaya Manfaat

Biasanya, jeruk nipis hanya digunakan untuk penambah cita makananatau minuman. Untuk membuat teh terasa lebih nikmat, soto atau sambal terasalebih sedap. Padahal, manfaat jeruk nipis lebih dari itu.
Berikut beberapa manfaat lain jeruk nipis, yang langsung bisadiaplikasikan.

Air jeruk nipis yang diberi sedikit air kapur sirih juga dapatmelenyapkan gatal-gatal di tenggorokan dan menyembuhkan batuk serta pilek.Dengan meminum air jeruk nipis secara teratur, tiap pagi, siang dan malam, akandapat menjamin kestabilan kerampingan badan, juga mencegah batuk. Untukmeengobati batuk, campurlah perasan jeruk nipis dengan kecap, dijamin batuknyalangsung lenyap.

Bila segelas air hangat yang dicampur dengan perasan air jeruknipis, dan diminum tiap pagi merupakan minuman yang dapat membuat suara kitamenjadi merdu.

Dengan menggosok-gosokkan jeruk nipis pada kulit dapat membuatpori-pori kulit menjadi lebih kecil dan juga dapat melenyapkan lemak pada kulityang berminyak.

Bila jeruk nipis dibelah dua dan digosok-gosokkan pada kulit tubuhmaupun kulit muka, maka dapat membuat kulit menjadi lebih putih dan lebihhalus, di samping itu kulit tangan bisa menjadi lebih lembut.

Untuk membuat kuku bersih dan cemerlang, gunakanlah sedikit airjeruk nipis untuk menggosok kuku yang buram.

Untuk jenis rambut berminyak yang biasanya cepat kotor, cucilahdengan air hangat yang telah dicampur perasan air jeruk nipis. Hasilnya, selaintak cepat kotor, rambut akan menjadi lebih halus dan lembut kemilau.

Untuk menghilangkan ketombe, gunakan air perasan jeruk nipis padakulit kepala. Biarkan kering selama 20 sampai 30 menit, lalu dikeramas. Lakukandua atau tiga kali.
Untukmencuci pakaian, juga bisa, tambahkan rendaman pakaian dengan air perasanjeruk, pasti hasilnya akan lebih bagus dan bersih. Selamat mencoba, ya?