Rabu, 20 Juni 2012

Yoghurt Kaya Manfaat dan Mudah Membuatnya


Yoghurt merupakan minuman kesehatan yang terbuat dari olahan susu yang di fermentasikan. Penggemar yoghurt tak hanya anak-anak saja, tetapi manulapun menyukainya. Yoghurt tak hanya identik dengan rasa asam, tetapi dapat dipadukan menjadi manis dan beberapa produk dipasaran juga ada yang dicampur dengan buah-buahan. Yoghurt tak hanya enak rasanya, tetapi memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Berikut ini mari kita ulas sedikitnya mengenai manfaat yoghurt untuk kesehatan. Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri dan dapat dibuat dari susu apa saja, bahkan susu kacang kedelai. Yoghurt sendiri mengandung 2 jenis probiotik, yaitu lactobacillus dan bifidobachterium. Probiotik, bakteri baik yang membantu proses pencernaan.

Bakteri yang digunakan untuk pembuatan yoghurt adalah Lactobasilus Bulgaricus. Fermentasi laktosa yang terkandung dalam susu menghasilkan asam laktat yang membuat tekstur susu menjadi gel. Kandungan dalam yoghurt memberikan khasiat bagi tubuh. di antaranya:
1.       Bersifat Antimikroba
Selain menghasilkan asam laktat, yoghurt juga menghasilkan  zat yang bersifat anti mikroba seperti asam asetat dan hydrogen peroksida, beberapa jenis bakteri yang menghasilkan antibiotika yang mampu menjegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
2.       Mencegah timbulnya yeast Candida Albicans
Candida Albicans, sejenis jamur yang menyebabkan penyakit vaginitis pada wanita.  Vaginitis merupakan penyakit kelamin yang menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kemaluan wanita. Yoghurt dan prebiotik yang dikonsumsi mampu mengendalikan pertumbuhan jamur Candida ini.
3.       Mencegah Osteoporosis
Asam laktat yang dihasilkan yoghurt memproduksi metabolit yang berhubungan dengan penyerapan kalsium dan fosfor. Selain itu yoghurt juga membantu produksi vitamin K pada tubuh yang berperan penting dalam metabolisme tulang
4.       Membantu proses pencernaan laktosa
Yoghurt dan minuman fermentasi lainnya lebih mudah dicerna dari pada susu tanpa fermentasi. Yoghurt bisa menjadi alternatif bagi orang penderita laktose intolerance (ketidakmampuan mencerna laktosa pada susu)
5.       Membantu mencegah kanker dan tumor
Beberapa jenis bakteri Lactobasillus achidophilus dan Lactobasillus bulgaricus telah menunjukan adanya efek antitumor. Selain itu, yoghurt bisa memecah nitrosamin, yaitu zat bersifat karsinogenik (penyebab kanker). Bakteri pada yoghurt menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asam folat dan seng yang dikandung yoghurt dapat mencegah kanker rahim dan kanker prostat.
6.       Memproduksi beberapa jenis vitamin B
Yoghurt juga menghasilkan jenis vitamin B, seperti vitamin B3, B5, B6, B9, dan B12.
7.       Menjegah diare dan sembelit
Bakteri Laktobacillus acidophilus mampu menghentikan diare.  Untuk mengatasi sembelit, bakteri Bifidobacterium bifidum yang terdapat pada yoghurt lah yang paling efektif.
8.       Menurunkan kolesterol darah dan menstabilkan tekanan darah.
Dalam proses fermentasi, bakteri yoghurt menghasilkan zat Anticholesteremic Milk Factor yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit degeneratif.
Bakteri asam laktat dapat mendegradasi koleterol  menjadi coprostanol,sehingga dapat menghindari resiko penyakit jantung koroner. Peptida yang dihasilkan dari pemecahan protein susu membentuk tripeptida yang berfungsi menghambat peningkatan tekanan darah.
9.       Menjaga kesehatan dan kecantik kulit
Yoghurt plain (tanpa rasa) dapat dimanfaatkan sebagai makser wajah. Masker wajah dari yoghurt ini bermanfaat untuk merevitalisasi sel-sel kulit mati, meremajakan kulit kusam, dan membantu mejaga kelembaban kulit sehingga kulit tampak lebih halus, mulus dan sehat.
10.   Menjaga kesehatan rongga mulut.
Yoghurt mengandung enzim laktoperoksidase yang memiliki aktivitas antimiroba dan biasa digunakan sebagai anti karies dalam pasta gigi. bagi anda yang mengkonsumsi yoghurt secara rutin dapat memperbaiki kebersihan mulut dari bakteri yang melapisi permukaan lidah dan mencegah halitosis (bau mulut), dan mengurangi kemungkinan akumulasi plak.

Selain manfaat yang dihasilkan dari Yoghurt, juga begitu mudah untuk membuat Yoghurt. Selain bahannya mudah didapat juga murah harganya. Namun demikian kaya manfaatnya. Berikut adalah cara pembuatan yoghurt tersebut.

Bahan :
1 ltr susu UHT plain
1 sachet susu bubuk Dancow instant
100 ml Yogurt Plain (contohnya merk Biokul)

Alat penunjang yang dibutuhkan :
Termos plastik dan kantong plastik bening/ tupperware

Cara Membuat :
Masak susu sampai hangat (sambil diaduk) lalu tambahkan susu bubuk dan yoghurt plain, aduk
rata.
Tuang campuran susu tersebut ke dalam kantong plastik ato Tupperware, kemudian masukkan plastik berisi susu tersebut ke dalam termos atau inkubator
Tutup rapat dan simpan selama 6 -8/ 24  jam (semakin lama semakin asam). Susu akan mengental dan aroma serta rasanya akan terasa asam. Bila sudah jadi, ambil 100 ml yogurt untuk biang pembuatan yogurt berikutnya. Simpan dalam kantong plastik yang masih baru/steril sampai waktu akan digunakan.

Penyajian :  
Campurkan yoghurt dengan gula/fruktosa /simple sirup atau sirup secukupnya. Nikmat juga bila dicampur dengan jus buah dan ditambah dengan potongan buah.

Sumber : catatandidapur.blogspot.com & cerita dari sahabat Rina Wijaya