Jumat, 21 November 2014

Buah Kersen, Obat Antidiabetes dan Kolesterol


Kersen atau talok merupakan buah dari sejenis tanaman perdu atau pohon kecil dengan ukuran buah yang kecil dan manis rasanya. Pohon kersen banyak tumbuh di pinggir jalan dan digunakan sebagai pohon peneduh dengan buah yang kecil-kecil dan berwarna merah kalau sudah masak. Buah yang mempunyai nama latin (Muntingia calabura) ini di beberapa daerah Indonesia seperti Jakarta disebut dengan nama buah ceri, dan anak-anak daerah Lumajang menyebutnya dengan buah baleci.

Meski buah kersen mempunyai ukuran yang kecil dan pohonnya biasa tumbuh liar di pinggir jalan, namun buah ini mempunyai kandungan senyawa yang penting untuk kesehatan. Jus buah kersen dapat digunakan oleh Atlet untuk mencegah cedera otot.

Ada banyak kandungan zat yang ada pada buah kersen (ceri jawa), yaitu air (77,8 gram), Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

Manfaat dan Fungsi : 
Mengobati Hipertensi, Antidiabetes, Asam Urat, Kolesterol.

Bagian yang digunakan :
Daun dan buah

Ramuan : Hipertensi



Bahan :
Daun Kersen kering                            secukupnya


Cara Membuat :
Daun kersen yang sudah kering dimasukkan ke dalam gelas kemudian diseduh dengan air yang mendidih dan ditutup gelasnya. Tunggu sampai air berwarna seperti air the.




Aturan Minum :
2 x sehari diminum masing-masing 1 gelas. Selama minum ramuan ini di cek tensi darahnya minimal 1 hari sekali.



Ramuan : Antidiabetes



Bahan :
Daun Kersen                                        4 genggam
Air bersih                                              1 liter



Cara Membuat : 
Daun kersen dicuci bersih kemudian dimasukkan ke dalam periuk tanah. Tambahkan air sebanyak 1 liter kemudian di panaskan di atas kompor dengan api sedang. Tunggu mendidih, hingga airnya tinggal separuhnya.



Aturan Minum :
2 x sehari diminum masing-masing 1 gelas. Selama minum ramuan ini minimal 1 minggu sekali dicek gula darahnya.


Ramuan : Asam Urat


Bahan : 
Buah Kersen                                        9 buah


Aturan Pakai : 
Buah kersen di dicuci bersih kemudian dimakan secara rutin tiga kali sehari setelah makan. Buah bisa dikonsumsi sampai rasa nyeri sembuh.


Ramuan : Kolesterol



Bahan : 
Daun Kersen                                        2 genggam
Air bersih                                              3 gelas

Cara Membuat : 
Daun kersen dicuci sampai bersih, kemudian dimasukkan ke dalam periuk tanah dan tambahkan air sebanyak 3 gelas. Kemudian panaskan di atas kompor dengan api sedang. Tunggu sampai mendidih dan air tinggal 1 gelas.

Aturan Minum : 
3 x sehari, diminum masing-masing 1 gelas.


Sumber : diambil dari berbagai sumber