Jumat, 21 November 2014

Jarak Pagar, Bisa Obati Radang Telinga dan Gigi Berlubang


Jarak Pagar (Ricinus communis) adalah tumbuhan liar setahun (annual) dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai, namun sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu, memiliki daun tunggal menjari antara 7 - 9, berdiameter 10-40 cm. Tumbuhan ini merupakan spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus, subtribe Ricininae.

Anda Pernah mendengar pohon Jarak? Jarak (Jatropha curcas L) tumbuh dihutan liar, sepanjang pantai, tanah kosong atau sebagai komoditi perkebunan. Dapat tumbuh di areal yang kurang subur asalkan pH tanahnya 6-7 dan memiliki drainase air yang baik karena akar jarak tidak tahan terhadap genangan air.

Pohon jarak selalu tumbuh di tepi jalan kampung, pematang sawah, di kebun. Kebanyakan orang tidak memperdulikan tanaman ini. Padahal manfaat daun jarak sangat banyak.

Manfaat dan Fungsi :Keputihan pada lidah bayi, radang telinga, sakit Gigi Berlubang, sariawan, perut kembung dan masuk angin, susah BAB.

Bagian yang digunakan :
Getah, daun, biji, kulit batang

Ramuan : Keputihan pada Lidah Bayi

Khusus pada anak Bayi , dimana Lidah nya Keputihan karena Air Susu Ibu yang menempel pada Langit Lidah si Bayi menyebabkan Enggan menyusu disertai Panas Badan yang naik , maka biasanya para Ibu di Pedesaan yang jauh dari jangkauan Obat-obat generic akan memanfaatkan getah Jarak Pagar yang di ambil dari tangkai daun Jarak dan di oleskan langsung ke Lidah Sang Bayi , maka dengan sekejab itu juga keputihan yang menempel di lidah bayi akan Luntur bersama air ludah yang di keluarkan dari mulut .

Bahan :
Getah pada tangkai daun jarak pagar                        secukupnya

Cara Pakai :
Oleskan getah itu pada lidah bayi dan keputihan akan keluar bersama air liur. Dilakukan setiap hari sampai keputihan pada lidah bayi hilang.

Ramuan : Radang Telinga

Bahan :
Getah jarak pagar                               ½ sendok makan

Cara Pakai :
6 x sehari dengan cara meneteskan sebanyak 6 tetes ke dalam telinga yang terkena radang. Diulang beberapa kali sampai sembuh
Radang telinga bisa terjadi karena Influensa yang mendadak ditandai suhu badan

Ramuan : Gigi Berlubang

Bahan :
Getah jarak                                         secukupnya

Cara Pakai :
Ambil getah tanaman jarak dengan menggunakan kapas, kemudian ditempelkan pada gigi yang berlubang. Lakukan 2 x sehari (pagi dan sore)

Ramuan : Sariawan

Bahan :
Getah jarak                                         secukupnya

Cara Pakai :
Ambil getah tanaman jarak dengan menggunakan kapas, kemudian oleskan pada bibir yang sariawan. Lakukan 2 x sehari (pagi dan sore)

Ramuan : Perut Kembung dan Masuk Angin

Bahan :
Daun jarak pagar yang tua                 3 lembar
Minyak kelapa                                    secukupnya
Minyak telon                                       secukupnya
Minyak Kayu putih                              secukupnya

Cara Pakai :
Daun Jarak pagar dipanaskan di atas kompor dengan api sedang agar daun layu, kemudian oleskan minyak kelapa, minyak telon dan minyak kayu putih. Setelah itu tempelkan pada bagian bawah perut dan pinggang. Biarkan beberapa jam, biasanya akan langsung terjadi pembuangan gas dan zat yang tidak berguna dari dalam perut.

Catatan : ramuan ini untuk bayi yang tiba-tiba mencret dan perutnya kembung akibat masuk angin.

Ramuan : Susah BAB

Bahan :
Daun jarak pagar                                4 tangkai

Cara Pakai :
Daun jarak pagar yang segar berfungsi sebagai pencahar ringan. Dicuci bersih, kemudian kukus hingga layu dan di makan daunnya yang sudah di kukus selama 7 hari berturut–turut atau sampai penyakit sembelitnya berkurang atau hilang.


Sumber : Disarikan dari berbagai sumber