Kamis, 06 November 2014

Ampuhnya Patikan Kebo (Euphorbia hirta L)


Patikan Kebo (Euphorbia hirta L) merupakan keluarga Euphorbiaceae ciri tanaman ini mempunyai  batang lunak  yang mengandung cairan / air  hampir seperti pada batang  tanaman pacar air, perbedaanya batang patikan kerbau  memiliki getah putih yang cukup kental. Seperti pada tanaman lainnya,  Batang patikan kerbau  beruas ruas, bulat silinder, berwarna hijau kecoklatan.

Bentuk daun  seperti pada tumbuhan lainnya berbentuk segitiga, namun pada batang dan daun patikan kerbau, mempunyai bulu putih kecil – kecil yang  sangat halus, Nampak seperti duri tajam dan sangat lembut yang seakan – akan untuk melindungi diri dari habitat lainnya, namun itu bukan duri kecil, namun bulu yang ada pada tanaman patikan kerbau ini. Daun tanaman ini adalah daun tunggal dengan duduk daun saling berseberangan satu daun dengan daun lainnya. Panjang daun berkisar antara 0.5-5 cm.

Patikan Kebo sebenarnya banyak kita temui  pada tempat – tempat yang sering  kita jumpai  untuk melakukan  aktifitas sehari – hari kita, seperti jalan – jalan,  dipekarangan rumah,  di sela bangunan yang banyak tumbuh tanaman yang merambat ke tembok, pekarangan sawah, bahkan tanaman ini juga  dapat tumbuh  di selokan rumah. Kandungan patikan kebo mempunyai sifat antiinflamasi (anti radang), diuretic (peluruh kencing) dan anti pruritic (menghilangkan gatal) tanaman  yang mempunyai tinggi kurang dari 20 cm juga mengandung beberapa unsur kimia.

Beberapa manfaat dan fungsi dari Patikan Kebo yang sudah dipraktekkan di masyarakat dan teruji untuk pengobatan, Antara lain :

Ramuan 1 : Bronkhitis

Bahan :
Patikan kebo segar yang belum berbunga                 1 genggam
Air                                                                               secukupnya

Cara Membuat :
Patikan kebo dicuci bersih, ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya kemudian disaring.

Aturan Minum :
1 x sehari diminum sebanyak 1/4 gelas. Lama pengobatan diulang selama 14 hari.

Ramuan 2 : Radang Usus

Bahan :
Patikan kebo                                                               ½ genggam
Rimpang kunyit                                                           1 jari tangan
Air                                                                               1 ½ gelas

Cara Membuat :
Semua bahan dicuci bersih, kunyit dikupas kulitnya kemudian dipotong-potong. Masukkan dalam periuk lalu tambahkan airnya, dipanaskan di atas kompor dengan api sedang tunggu sampai airnya mendidih. Setelah dingin airnya disaring.

Aturan Minum :
1 x sehari diminum sebanyak 1gelas. lama pengobatan diulang hingga 14 hari.

Ramuan 3 : Sakit Tenggorokan

Bahan :
Patikan kebo yang belum berbunga   10 tanaman
Air                                                       1 ½ gelas

Cara Membuat :
Patikan kebo dicuci bersih, dimasukkan ke dalam periuk lalu tambahkan airnya. Panaskan di atas kompor dengan api sedang. Tunggu sampai airnya mendidih. Setelah dingin airnya disaring.

Aturan Minum :
1 x sehari berkumur sebanyak 1 gelas. Bila perlu dapat diencerkan dengan air hangat, sebagian dapat ditelan.