Senin, 18 Februari 2013

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan



Mengganti beras putih dengan beras merah sudah menjadi trend saat ini. Karena beras merah memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Namun, harga beras merah lebih mahal dari beras biasanya. Hal itu menyebabkan banyak yang tak mengetahui manfaat dari beras merah. Berikut adalah manfaat beras merah:
Kunci energi dan baik untuk diet 
Kandungan vitamin pada beras yaitu vitamin B1, B6 dan B12 lebih tinggi pada jenis beras merah. Untuk menu diet, beras ini dipilih karena serat. Serat yang dikandung lebih tinggi dibandingkan pada beras putih. Serat mampu mengganggu penyerapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan dan menimbulkan sensasi lebih mengenyangkan karena proses pengolahan serat yang lambat.
Sumber antioksidan
Beras merah mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Salah satu antioksidan yang dimiliki beras merah adalah antosianin. Antosianin adalah pigmen merah yang terkandung pada perikarp dan lapisan kulit beras. Antosianin dapat mencegah penyakit kanker, diabetes mellitus, dan stroke.

Sumber magnesium
Magnesium mampu menurunkan keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migraine dan risiko terjadinya penyakit jantung. Magnesium pada beras merah juga bisa menjaga kesehatan tulang. Karena itu banyak manfaat dari magnesium tentu semakin meningkatkan manfaat beras merah.

Disarikan dari berbagai Sumber