Senin, 11 Februari 2013

Apel Jawa sebutan Kesemek, Kaya Manfaat

APEL Jawa ini memang unik, enak tapi tidak begitu disukai orang. Padahal, sudah lama teruji, kesemek banyak mengandung vitamin dan khasiat penyembuh. Sayang, sejauh ini kesemek hanya dimanfaatkan untuk campuran rujak, menemani kedondong, dan mangga. Padahal, buah berbedak ini dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Banyak ahli yang menemukan zat kimia yang berkhasiat di tubuh kesemek. Kesemek antara lain mengandung sukrosa, glukosa, fruktuosa, tanin, asam siringis dan beberapa zat lainnya. Berdasar kandungan kimia itulah, ahli tumbuhan obat asal RRC, Dai Yin Fang dan Liu Cheng-jun menyusun ramuan buah kesemek untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Berikut ini tiga ramuan kesemek untuk tiga jenis penyakit.


Ramuan untuk Batuk berdahak: Gunakan 2 potong kesemek yang telah dikeringkan. Tambahkan 30 gr madu. Lalu, campurkan sedikit air, dan kukuslah di dalam wadah tertutup. Setelah matang, lumatkan buah tadi, lalu dimakan. Lakukan pengobatan 2 kali sehari, pagi dan sore. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk batuk asma.

Ramuan untuk Diare. Ambil 2 potong kesemek yang telah dikeringkan. Tambahkan dua iris jeruk yang telah dikeringkan dan 60 gr beras ketan. Rebus ketiga bahan secara bersama sampai menjadi bubur. Makan ramuan ini selagi hangat. Lakukan pengobatan 2 kali sehari. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengobati disentri.

Ramuan untuk Hipertensi. Ambil 2 buah kesemek matang. Kemudian dijus untuk mendapatkan airnya. Lalu, tambahkan sedikit air hangat, dan segera diminum. Lakukan pengobatan minimal satu kali sehari. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengobati gondok.

Nah, dengan tiga ramuan sederhana itu saja, kesehatan Anda akan segera pulih, batuk dan diare akan hilang. Jadi, kenapa tidak dikesemekkan saja? 


Disarikan dari berbagai sumber