Kamis, 11 Oktober 2012

Akupunktur untuk Terapi Akne (Jerawat)



Ada masalah dengan Jerawat ….. pasti menganggu banget. Bikin tidak pede dan sering diledekin temen. Ternyata tidak cuma di wajah Jerawat menyerang. Bahu, leher, dada, punggung dan lengan bagian atas bisa juga terkena jerawat. Kok yang remaja aja sih yang ngalaminya?? Menurut penelitian ternyata 85% jerawat ditemui pada usia 12 – 24 tahun (wah saya juga kena nii). Dan uniknya jerawat pada laki – laki itu hanya sampai usia 25 tahun (untung saya laki – laki. Amaannn). Dan kalau wanita bisa sampai usia 40 tahun.

Menurut medis, jerawat merupakan kelainan dari folikel rambut kelenjar sebaceous dengan gambaran klinis berupa komedo, papul, postul, nodus dan kista. Kelenjar ini berada di kulit. Jika pori – pori tersumbat, maka akan menjadi akne (jerawat). Penyumbatan pori – pori diperparah dengan bakteri yang ada di kulit. Pada beberapa orang jerawat bisa mengalami peradangan yang mengarah ke jerawat yang lebih besar, biasanya disebut sebagai kista.

Penyebab Akne (Jerawat)
·       Genetik
·       Ras
·       Sinar Ultra violet
·       Kelembapan udara, temperatur
·       Psikis
·       Hormonal
·       Infeksi bakteri corynebacterium acnes, staphylococcus albus et epidermis, pityrosporum ovale et obiculare
·       Kulit berminyak

Selain menggangu, jerawat juga berdampak pada kehidupan sosial kita antara lain :
·        Hilangnya harga diri
·         Hilangnya kepercayaan diri
·         Penarikan diri dari kehidupan sosial karena malu
·         Kecemasan dan depresi
·         Kehilangan pekerjaan
·         Gangguan emosi

Bagaimana Akupunktur memandang akne??

Pengobatan tradisional Cina memandang fisik, emosional, dan faktor lingkungan  adalah hal yang berkaitan dengan masalah kulit. Dari sudut pandang Cina, jerawat paling sering dikaitkan dengan panas dan kelembaban yang mempengaruhi organ-organ seperti paru-paru, lambung dan limpa.
Pada wanita, jerawat menjadi lebih buruk pada waktu menstruasi. Hal ini terkait dengan qi (energi) dan darah. Qi mengalir di seluruh saluran tubuh. Emosi seperti stres, frustrasi, dan marah dapat menyebabkan qi (energi) terhambat. Sering, jerawat dan masalah kulit lainnya yang terjadi waktu menstruasi disebabkan oleh stagnasi (terhambatnya) qi dan darah.

Menurut Cina, paru – paru bertanggung jawab atas kulit. Dalam banyak kasus sering didapati beberapa penyakit kulit, seperti eksim, yang sering terjadi dengan masalah paru-paru. Paru-paru juga mengatur pembukaan dan penutupan pori, yang merupakan salah satu sebab saat ada panas terakumulasi maka jerawat bisa keluar dari tubuh.

Lambung secara alami cenderung hangat dan membantu dalam pencernaan makanan. Namun, kecenderungan hangat ini akan menjadi panas dengan mudah dapat memicu  jerawat di daerah perut, yang meliputi dada dan wajah.

Menurut TCM, limpa bertugas juga dalam pencernaan. Ketika pencernaan bekerja dengan baik dan harmonis tubuh menghasilkan banyak jumlah energi dan mampu menyingkirkan kelembaban. Jika limpa tidak bekerja dengan baik, kelembaban dapat menumpuk dan menyebabkan kulit berminyak dan jerawat.

Terapi Akupunktur untuk Akne
·         Adalah suatu cara pengobatan dengan menusukkan jarum akupunktur di titik – titik akupunktur di permukaan tubuh tertentu yang bertujuan untuk menormalisasi dan mengobati berbagai kondisi kesehatan tertentu.
·         Titik – titik akupunktur yang digunakan : tergantung area akne (jerawat). Apabila akne (jerawat) banyak terdapat di wajah, maka digunakan titik akupunktur yang berada di wajah.

Mekanisme Kerja Akupunktur pada Akne

Seperti yang telah diuraikan di atas, bahwa penyebab akne (jerawat) yaitu karena akumulasi (penumpukan) panas dan lembab yang berada di organ. Maka ketika jarum akupunktur dimasukkan, akan memberikan efek lokal, efek sentral, dan efek segmental yang bekerja di kulit maupun organ untuk mengusir panas dan lembab itu.
 
Jika akne dikaitkan dengan ketidakstabilan emosi seseorang, maka akupunktur akan membantu melancarkan qi (energi) yang terhambat tadi melalui insersi jarum akupunktur. Dengan begitu jika qi (energi) lancar, maka emosi seseorang cenderung stabil.

Diambil dari berbagai sumber