Kamis, 02 Mei 2013

Makan Ubi Jalar Ungu Bisa Menambah Berat Badan

Mungkin saat ini masih ada banyak yang menganggap sebelah mata salah satu makanan yang katanya merupakan biang keladi penyebab kentut. Tanaman yang memounyai nama latin "ipomea batatas poiret" ini ternyata sudah banyak digunakan sebagai bahan membuat bakpao, cake, kue bahkan es krim. Dibandingkan dengan ubi jalar yang lain lebih kaya kandungan vitamin A yang mencapai 7.700 mg per 100 gr. ratusan kali lipat dari kandungan vitamin A bi dan 3 kali lipat dari tomat.


Ubi jalar ungu merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. ubi jalar ungu juga mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20 %. Untuk kandungan lainnya yang ada pada ubi jalar ungu adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. total kandunganantiosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg 100 gr berat basah.

Selain itu, ubi ungu juga merupakan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sementara kandungan mineral dalam ubi jalar ungu diantaranya zat besi (Fe), Fosfor (P), dan kalsium (Ca).

Ada banayak sekali manfaat yang terkandung dalam ubi jalar. Berikut ini diantaranya :
Untuk Kekebalan Tubuh
Kandungan Beta Karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, besi dan juga fosfor yang ada di dalamnya membuat ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat.

Mengatasi Peradangan
Kandungan yang ada seperti beta karoten, vitamin C dan magnesium, membuat ubi jalar sangat efektif menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal.

Mengatasi asma
Aroma khas ubi jalar membuatnya efektif dalam mengatasi hidung mampat, bronchitis, paru-paru.

Menjaga keseimbangan air
Serat dalam ubi jalar akan membantu menahan air. Hal ini akan mempertahankan keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh.

Mengatasi masalah pencernaan
Ubi jalar mempunyai kandungan serta yang tinggi. Selain itu, ubi jalar juga mudah untuk dicerna serta baik untuk lambung dan usus halus.

Mengatasi bronchitis
Kandungan vitamin C, besi serta nutrisi lainnya membantu menyembuhkan bronchitis. Ubi jalar juga dipercaya bisa menghangatkan tubuh (mungkin karena rasa manis serta nutrisi lainnya). Kandungan ini juga berfungsi untuk menyembuhkan bronchitis, terlepas dari kandungan lain yang bisa meredakan kemampatan.

Mengatasi arthritis
Kandungan beta karoten, magnesium, seng dan vitamin B kompleks membuat ubi jalar sebagai pilihan yang tepat untuk mengatasi arthritis. Air rebusan ubi jalar bisa dioleskan pada persendian untuk meredakan sakit akibat arthritis.

Menyembuhkan kanker
Kandungan beta karoten, antioksidan dan anti karsinogen utama, yang merupakan penyebab warna pada kulit ubi jalar serta vitamin C, sangat penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker. Terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal dan kanker pada organ dalam lainnya.

Mengatasi diabetes
Pengidap diabetes seringkali dihimbau untuk menghindari makanan yang manis. Hal ini tidak berlaku pada ubi jalar. Makanan satu ini sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Tetapi, tidak berarti kalau pengidap diabetes bisa makan ubi jalar tanpa aturan. Tetapi, mereka bisa mengganti asupan nasi atau karbohidrat mereka dengan ubi jalar.

Bisa untuk menambah berat badan
Ubi jalar berasa manis serta mengandung karbohidrat kompleks disertai vitamin dan mineral yang mudah dicerna. Karena itu, ubi jalar merupakan sumber energi dan efektif untuk membangun otot-otot. Untuk Anda yang tidak percaya diri karena tulang-tulang menonjol ke permukaan kulit, cobalah mengkonsumsi makanan super ini. Cara ini tidak menghasilkan efek samping apapun sehingga lebih aman daripada mengkonsumsi suplemen pembangun otot.

Mengatasi radang lambung
Ubi jalar menimbulkan efek nyaman di lambung dan usus halus. Vitamin B kompleks dan vitamin C, beta karoten, kalium dan kalsium sangat efektif meredakan radang lambung. Selain itu, serat yang dikandung ubi jalar bisa mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam, karena itu akan menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Anti peradangan dan kandungan yang menenangkan dari ubi jalar juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan lambung.


Disarikan dari berbagai sumber