Selasa, 12 Maret 2013

Manfaat Merica untuk Kesehatan

Merica merupakan salah satu jenis bumbu rempah-rempah yang sangat dikenal. Banyak sekali jenis masakan Indonesia yang menggunakan merica sebagai salah satu bumbunya. Di balik kemampuannya melezatkan citarasa aneka masakan, merica tenyata juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.
 
Salah satu khasiat merica adalah dapat menyempuhkan sakit kepala. Khasiat ini dimilki merica berkat kandungan senyawa kavisin yang dimilikinya. Kavisin yang membawa sifat pedas ini bekerja dengan meredam aktivitas otak ketika memperoleh sinyal rasa sakit dari sistem saraf. Itulah sebabnya, apabila seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung merica, sakit kepala akan reda.
Manfaat lain merica bagi kesehatan adalah mencegah tulang keropos, mengurangi bau badan yang tidak sedap, mengatasi asma, mengatasi rematik, mengobati malaria, panas dalam, mengatasi haid yang kurang teratur, rematik, asam urat, sakit gigi, hernia, dan penyakit-penyakit kulit tertentu.
Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan merica guna menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan.


1.     Sakit kepala
Bahan :
Sediakan 1 sendok teh merica, 1 buah pala, 3 butir cengkeh, dan kayu manis secukupnya.

Cara Membuat :
Semua bahan tersebut dihaluskan, diseduh dengan air panas. 

Aturan Minum : Minum ramuan ini ketika sakit kepala menyerang.

2.     Rematik
Bahan :
Sediakan 13 biji merica, jahe dengan ukuran sebesar ibu jari, 7 buah cengkeh, 2 buah pala, jintan hitam secukupnya, 2 siung bawang jantan, dan 200 cc gondopuro.

Cara Membuat :
Giling semua bahan hingga halus, kecuali gondopuro, setelah bahan-bahan halus, masukkan gondopuro.

Aturan Pakai : Gunakan ramuan ini untuk membalur bagian tubuh yang terasa sakit.

3.     Malaria
Bahan 1 :
Siapkan ½ sendok teh merica bubuk dan ½ sendok teh kopi. 

Cara Membuat :
Seduh kedua bahan ini dengan air panas.

Aturan Minum : Minuman ramuan ini.

Bahan 2 :
Daun pepaya secukupnya yang diambil tangkainya, 2 buah tempe busuk, ¼ genggam daun tarum, dan garam.

Cara Membuat :
Semua bahan tersebut dihaluskan
, tambahkan ¾ gelas air matang, peras airnya.

Aturan Minum : minum airnya dua kali sehari, ketika sakit yang sifatnya ringan melanda, Anda tidak perlu buru-buru berobat ke dokter yang mahal atau mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas.

Memanfaatkan merica sebagai bahan untuk menyembuhkan gangguan kesehatan tertentu selain murah dan mudah meramunya, juga bebas efek samping. Tidak seperti obat-obatan kimia yang penggunaannya dalam jangka panjang dapat memunculkan efek samping yang dapat merugikan kesehatan, merica adalah bahan alami yang aman digunakan. Kesehatan bisa Anda raih dari bahan-bahan yang biasa Anda gunakan sebagai bumbu masak, seperti merica.

Disarikan dari berbagai sumber