Selasa, 26 Juni 2012

Bayi Sungsang diatasi dengan Akupunktur dan Moksibasi


Penelitian para ahli kebidanan (www.naturalnews.com) ditemukan sekitar 4,5% dari bayi tunggal mengakibatkan kehamilan sungsang (posisi kepala bayi terbalik). Presentasi sungsang mengakibatkan peningkatan jumlah caesar dan peningkatan angka kematian saat kelahiran. Perempuan yang memiliki bayi sungsang jarang diperbolehkan untuk mencoba kelahiran alami (lewat vagina). Seorang dokter kebidanan sering mencoba dan berusaha untuk mengubah secara manual bayi dari luar namun menjadi sangat tidak nyaman dan menimbulkan risiko sendiri.

Ada banyak cara untuk mengembalikan posisi bayi  sungsang ke posisi normal. Di antara banyak cara, ada cara alternatif yakni akupunktur dan moksibasi. Teknik pengobatan tradisional China ini ditengarai mampu segera mengatasi posisi bayi sungsang ke posisi normalnya. Terapi kuno ini mengkombinasikan akupunktur dan menggunakan daun tanaman bernama mugwort (Artemesia vulgaris).

Ada dua jenis moksa yakni langsung dan tidak langsung. Pada moksa langsung, daun mugwort digulung membentuk kerucut yang lalu dibakar dan dicampur dengan irisan jahe yang diletakkan ke titik akupuktur. Sementara itu, teknik moksa tak langsung biasanya lebih populer karena tidak terlalu sakit. Moksa yang digunakan adalah moksa batang. Moksa yang berukuran seperti cerutu dibakar dan didekatkan di atas daerah atau titik akupuntur selama beberapa menit sampai daerah tersebut berubah merah. Titik akupunktur yang digunakan adalah titik BL-67 yang berada di kedia kaki. Moksibasi dilakukan selama 15 menit sekali sehari selama lima hari. Kemudian, dalam beberapa hari, kondisi bayi akan terus dipantau apakah sudah ada perubahan. Bila belum ada, maka pengobatan akan terus dilakukan hingga 5 hari selanjutnya.

Saat moksa dibakar, akan tercium aromanya, yang menurut beberapa orang membuat mereka merasa lebih relaks. Minyak moxa juga memiliki khasiat penting sebagaimana dupa untuk aromaterapi dan obat. Di beberapa negara lain, mugwort memiliki khasiat unik yakni mempu mengusir roh jahat. Dalam budaya kuno Eropa, mugwort kerap ditaruh di bawah bantal untuk mencegah seseorang mengalami mimpi buruk. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa waktu teroptimal untuk melaksanakan teknik ini adalah antara 34 dan 36 minggu kehamilan. Akupunktur untuk mengoreksi posisi janin ini merupakan metode yang relatif sederhana, berkhasiat, dan murah bila dibandingkan Anda mesti menjalani persalinan melalui operasi. Di China, tingkat keberhasilan tenik ini bervariasi berkisar 89,9-90,3 persen. 


Disarikan dari beberapa sumber